Kamis, 06 Oktober 2016

JENIS KOMPUTER BERDASARKAN DATA YANG DIOLAH ~ IT-Magz

JENIS KOMPUTER BERDASARKAN DATA YANG DIOLAH ~ IT-Magz




Berdasarkan Data yang Diolah komputer dapat dibedakan atas :

1. Analog Computer

Komputer analog digunakan untuk data yang sifatnya kontinyu dan bukan data yang berbentuk angka, tetapi dalam bentuk phisik, seperti misalnya arus listrik, temperatur, kecepatan, tekanan dan lain sebagainya. Output dari komputer analog umumnya adalah untuk pengaturan atau pengontrolan suatu mesin.

2. Digital Komputer

Data komputer analog diterima dalam bentuk kontinyu, sedang data yang diterima oleh komputer dalam bentuk angka atau huruf. Komputer digital biasanya digunakan pada aplikasi bisnis dan aplikasi bisnis. Keunggulan komputer digital adalah sebagai berikut :

a. Memproses data lebih tepat dibandingkan dengan komputer analog.
b. Dapat menyimpan data selama masih dibutuhkan oleh proses.
c. Dapat melakukan operasi logika, yaitu membandingkan dua nilai dan menentukan hasilnya, yaitu membandingkan dua elemen nilai yang satu lebih kecil, atau sama dengan, atau lebih kecil sama dengan, atau lebih besar, atau lebih besar sama dengan, atau tidak sama dengan elemen nilai yang kedua.
d. Data yangtelah dimasukkan dapat dikoreksi atau dihapus.
e. Output dari komputer digital dapat berupa angka, huruf, grafik, maupun gambar.

3. Hybrid Computer


Di dalam aplikasi yang khusus, dibutuhkan suatu komputer yang mampu menyelesaikan permasalahan lebih cepat dari komputer digital dan lebih tepat dari komputer analog. Komputer ini merupakan kombinasi dari komputer analog dan komputer digital dan disebut dengan hybrid computer (komputer hibrid).  



Referensi :
http://staff.uny.ac.id/sites/default/files/pendidikan/Kuswari%20Hernawati,%20S.Si.,M.Kom./KTI-Materi5%20Perkembangan%20Hardware%20Software.pdf


EmoticonEmoticon